Wednesday, July 27, 2011

REAPER - SOFTWARE KECIL YANG NGESELIN BANGET !!!!

Coba bandingkan dengan para pendahulunya - Protools, Cubendo, Studio One, Mixbuss Harrison, FL - dan masih banyak lainnya, mereka adalah software2 Produksi Musik yang secara Installer aja, ukurannya sudah luar biasa. Jadi buat yang suka cobain software2 demo juga pasti bakal mengalami yang namanya proses download bisa ber jam-jam.

Barusan pagi ini saya download versi terbarunya Reaper - 3.77 dan proses download software nya gak sampe 1 MENIT !!! Bayangin...software yang kalau kita baca di websitenya tuh..punya kemampuan macem2, termasuk Elastic Audionya yg luar biasa ( saya suka banget ama feature ini, karena bisa tarik/ulur audio tanpa perlu pake proses lama alias INSTANT ), dia juga punya kemampuan ROUTING ( ngatur jalur audio/MIDI ) yang bebas luar biasa. Gimana gak bebas luar biasa?? Lh wong dia cuman kenal 1 buah TRACK !!! Jangan harap saat kita pake REAPER, kita ketemu dengan berbagai jenis track.. Isinya cuman 1, ya TRACK gitu doang wekekekekeke. Di Studio One ada Instrument track, buss channel, FX Channel..macem2 lah isinya. Di Protools sama saja, Cubendo juga begitu... EH, ini cuman di lawan ama 1 TRACK yg bisa jadi MACEM2 !

Secara plugin, dia bisa mengenali format DX, DXi, VST, VSTi dan AU. Jadi buat yg suka ngumpulin plugin2 yang sudah ada, jangan khawatir ! Semua nya bisa di handle oleh si REAPER dengan kondisi aman dan nyaman hehehe. Kecuali yg format untuk Protools, dia belum atau tidak mau handle kali ya?!?!?! wekekekek.

Ketika di pake untuk MIXING pun, dia juga stabil. Pokoknya..NGESELIN BANGET gitu lho!! Gimana gak ngeselin, udah saya cobain pake plugin yg lumayan berat2..dia mampu handle juga. Disaat ada beberapa plugin yang crash - Magnetic biasanya - itu dia malah aman2 saja di REAPER ! Kan ngeselin jadinya ?!?!? Buat editing, dia juga fleksibel banget. Contoh untuk drum editing, dia mampu mengenali Pukulan - tinggal teken TAB aja - pasti dia deteksi pukulan2 yang ada ..

Yang lebih ngeselin lagi nih..Kalau komputer kita kurang kuat buat mixing gitu, gak usah bingung. Cari aja komputer lain yg lebih kuat, konekin lewat LAN, abis itu install juga REAPER di komputer tersebut..NAH, kita bisa numpang pake plugin di komputer lain tersebut. Bayangin, Mixing di komputer A..tapi plugin nya pake di komputer B, dan cuman cukup pake kabel LAN!!!! Wekekekekekek...TAMBAH NGESELIN LAGI KAN !?!?!?

Buat Software yang Installer cuman berukuran 8MB dengan kemampuan yg ngeselin banget kayak diatas, REAPER bukan sekedar layak dipertimbangkan ( Murah lagi harganya ), tetapi SUDAH HARUS DIMANFAATKAN SECARA OPTIMAL bersaing dengan software2 Raksasa lainnya.

BERANI !?!?!?!?

SELAMAT BER-REAPER RIA !!!!

No comments:

Post a Comment