Sunday, July 10, 2011

PANNING = MENJADI ORCHESTRA CONDUCTOR...

Pernah kebayang gak, menjadi seorang Adi MS atau bahkan menjadi Michael Kamen yang memimpin orchestra dengan begitu banyak instrument, yang tentu saja tiap2 instrument telah di atur kapan harus bermain dan kapan harus diem? Itulah sebenernya kerjaan seorang Mixing Engineer !!

Itulah kenapa di setiap Mixer di sediakan sebuah tombol, atau di software DAW terdapat fasilitas yg biasanya terbaca PAN ( singkatan Panorama ), yang tujuannya adalah menempatkan instrument ke wilayah tertentu sehingga terciptalah sebuah nuansa KELEBARAN yang menyebabkan kita sebagai pendengar seolah-olah berada di "DUNIA LAIN". Dan itulah kenapa, fungsi kita sebagai Mixing Engineer adalah bertugas sebagai CONDUCTOR yang mengatur posisi tiap tiap instrument tersebut.

Dalam sebuah software DAW, PAN di gambarkan dengan parameter C(enter),L(eft),R(ight)..yang nilai antara L dengan C =100, dan R dengan C juga 100 - lihat gambar di bawah.

Jadi, bila kita bisa mengatur bahwa Instrument kita letakkan di posisi C - tengah, atau mungkin 60L berarti 60% ke kiri dari Center, atau juga 40R yang berarti 40% ke kanan dari Center. Lha terus, kalau waktu Mixing, dimana letak masing2 instrument ??? Apakah terus kita sebar dari Center kemudian ke arah kiri atau kanan?? ATAU NGAWUR AJA YA ??!?! hehehehhee

Paul Stavrou, Mike Senior atau Bobby Ownsinski dalam buku2 mereka memiliki pendekatan masing-masing dalam melakukan proses PAN saat MIXING. Tetapi yg jelas, bentuk PAN yang sudah disepakati adalah bahwa INSTRUMENT PENTING berada di tengah ( CENTER ). Jadi, Vocal, DRUM, BASS..itu dominasi nya di TENGAH. Lha untuk instrument2 yg lain, barulah mereka memiliki pendapat masing2 yang bila kita coba satu2, ya TETEP ENAK2 AJA KOK heheheh.

Mike Senior lebih mementingkan MONO COMPATIBILITY ketika PANNING. Istilahnya, kalau di PLAY di SPEAKER MONO tetep ENAK. Kalau Paul Stavrou lebih mementingkan "CUACA" yg di hasilkan ketika PANNING. Dia bilang, kadang Gitar yg sudah kita atur di kiri dan Keyboard yg di letakkan di kanan..coba di balik posisinya sekarang. ENAK MANA CUACANYA ??? Mbulet juga ya hehehehhee. Stavrou selalu mencari posisi yg PAS dengan membolak-balik posisi tiap instrument, sampe ketemu yg PAS. Sedangkan si Bobby Ownsinski bilang bahwa PANNING adalah salah satu TRICK untuk mengurangi PROSES EQ. Alasannya adalah, ketika ada Instrument yg bertabrakan Frekwensinya...lakukan proses PAN, letakkan di tempat yg berlawanan, sehingga otomatis tidak saling mengganggu.

Tapi terlepas dari itu semua adalah, saya suka dengan penggambaran si Stavrou ttg menjadi seorang Conductor ketika Mixing. Jadi ya paling enak adalah kita PURA2 aja jadi Conductor, terus kita atur tuh posisi tiap2 instrument biar nanti ketika waktunya dia bunyi bisa tercipta sebuah ORCHESTRA MIXING dalam bentuk yang lain hehehehhe. Daripada kita ngelamar jadi Conductor harus di test macem2..bisa not balok gak?? bisa nulis komposisi gak??? Mendingan obsesi itu kita alihkan dalam proses Mixing saja. GAMPANG, GAK USAH PAKE AUDISI SEGALA ! wekekekekekek. Dan ingat, walaupun keliatannya cuman menempatkan Instrument di kiri, tengah atau kanan, seorang AUDIO GURU - PAUL STAVROU - menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencari posisi instrument yang PAS saat mixing !!!! hehehehehhe

SO, SELAMAT BER-CONDUCTOR RIA !!!!

No comments:

Post a Comment