Thursday, July 7, 2011

HARDWARE/SOFTWARE = WINDOWS/MAC ?????

Dunia Recording buat kita selalu tidak lepas dari Pertanyaan - Bagusan mana Hardware or Software saat rekaman, Mixing atau Mastering..? Buat saya, dari dulu pertanyaan itu GAK PENTING dan GAK ADA EFEK YANG SIGNIFICANT buat menghasilkan sebuah mixing yang berkualitas hehehe.

Apa hubungannya sebuah hasil MIX dengan HARDWARE / SOFTWARE coba??? Apa hubungannya bikin lagu yang enak pake GRAND PIANO STEINWAY and SON, ama yang pake Keyboard Casio biasa?? Toh David Foster sewaktu bikin lagu2 hebat malah pake alat musik biasa yang dia pake sewaktu hidup nge KOST di Inggris tanpa seorang pun yang dia kenal wekekeke..Kita emang suka banget terjebak dengan hal2 yg begitu. Contoh lainnya, Enakan mana? Pake WINDOWS/MAC ?? Toh ternyata sekarang akhirnya si BILL GATES ama STEVE JOBS jadi rekanan murni dimana SOFTWAREnya OSX - tapi Mesin yang dipake adalah INTEL ( dimana jaman dulu haram banget Mac user GABUNG ama WINDOWS !! )

MIXING / MASTERING = ART and SCIENCE. Gabungan antara SENI dan Tehnik. Yg ujung-ujungnya buat menghasilkan KARYA SENI, bukan KARYA TEHNIK. Sekarang, buat yang sudah suka Mixing / Mastering deh. Ngomongin pake Plugin aja ( entah itu beli original atau pake yg "warez" :D ). Coba kita hitung, berapa jumlah plugin yang kita punya, kemudian kita lihat harganya di Internet.. Bisa2 sudah mencapai Puluhan juta Rupiah tuh, atau bahkan ratusan Juta rupiah juga bisa. Apakah kemudian tiap kali selesai Mixing / Mastering kita sudah langsung merasa hasil kita LUAR BIASA!?!?! NOOOO...Sama aja buat yg suka pake Hardware - bahkan sudah menghabiskan lebih banyak lagi uangnya. Tetep saja, kalau kita lupa bahwa MIXING / MASTERING adalah untuk menghasilkan SENI, maka mau pake HW/SW bakal sia2 saja.

Buat saya, milih HW/SW sama saja mau pake Iphone or Android, mau Makan pake sendok / muluk(pake tangan). Sometime saya makan pake Sendok, sering juga pake tangan ( apalagi makan Sego Sambel wonokromo tuh...wuuihhhh Mantab !! hehehe ). Buat gadget, saya milih Android , walaupun klo ada temen punya Iphone juga di utak-atik wekekeke. Intinya adalah, waktu makan yg menjadi fokus kita adalah Cita rasa makanannya. Waktu pake gadget adalah seberapa jauh kita gunain tuh gadget - klo cuman buat nelpon ama SMS doang sih beli aja yg 400rb an hahahaha, gak usah mikir Iphone or pake Gingerbreadnya Om Google. MIXING / MASTERING - seberapa canggih kita bisa membuat itu lagu jadi KENA ke telinga para pendengar dan mereka SUKA ama lagunya ( tuh, dari tadi saya pake kata KENA ( feel ), ama SUKA ( feel ) juga. )

Daripada sibuk mikir HW/SW, mendingan mikir DULUAN MANA YA..AYAM ama TELOR ?!?!??! wekekekekeekeke

SELAMAT ber PETOK-PETOK RIA !!!

1 comment:

  1. setu ju banget!... MILIH PROT##L ATW NUEND#!.. milih USB SOUND CARD ATW FIREWIRE !.. eh yang kepake nya malah SOUND CARD ONBOARD!... arrrgghhhh.....!...

    ReplyDelete