Tuesday, July 19, 2011

Mixing Engineer bukan PESULAP !!!

"Mas, tolong gitarku entar di bikin kayak FooFighter ya..", atau "Aku minta drum soundnya kayak Steve Jordan yang tebel gitu lho mas..". Wekekekeke, so pasti kita yang bakalan Mixing jadi pusing - lha wong data Rekamannya aja gak ada mirip-miripnya ama FooFighter or Steve Jordan !!!

Kalau Mixing Engineernya si David Copperfield sih beda lagi kaleeee...ABRAKADABRA !!! Jadi deh sound gitar kayak FooFighter hehehehe. Seorang Mixing Engineer itu hidupnya sangat-sangat tergantung dengan yang namanya DATA REKAMAN. Sehebat-hebatnya Mixing Engineer juga bakalan mati kutu kalau data rekaman yang di terima gak karuan cara Rekamannya, mulai dari pemilihan Efeknya, pemilihan microphone, penempatan Microphone dan lain2 nya.

Nah, buat yang suka rekaman2 sendiri pake alat digital di rumah, ada Tips untuk mendapatkan data rekaman yang baik biar si Mixing Engineer gak begitu pusing nantinya...

1. Kalau ingin mendapatkan suara tertentu yang rada2 mirip dengan FOoFighter misalnya, ya berarti kita cari tuh sound gitarnya entah pake plugin, entah pake hardware...cari dulu sampe MIRIP BANGET. Jadi, Play aja tuh lagunya FooFighter, abis gitu kita ikutin lagunya. Atur volume suara gitar kita biar pas ama lagunya. Dari situ, ketika kita ngikutin lagunya, pasti bakal ketahuan tuh, seberapa beda. Kalau kemudian warna suara gitar kita sudah pas....YA SUDAH! Berarti sudah hampir2 mirip. JANGAN DI UBAH-UBAH LAGI!

2. Begitu sudah ketemu suaranya, SAAT MEREKAM gunakan software2 seperti PSP Vintage Meter - FREE -  untuk mengukur INPUT dari gitar tadi.



Klik di plugin ini sehingga muncul gambar seperti di atas. Atur agar bagian 0VU refer level = -18 dbFS. Kalau sudah, balik lagi ke tampilan depan..mainkan gitarnya. Atur agar jarum di PSP berada di kisaran 0dB s/d 3dB.


3. Kalaupun ada Instrument2 lainnya, caranya sama aja kayak langkah 1 dan 2. Buat Bass, gitu juga caranya. Buat Drum, cari juga suaranya dulu. Pokoknya semua suara yang kita pengen dapetin, caranya adalah CARI DULU SAMPE MIRIP. JANGAN MENGANDALKAN MIXING ENGINEER SAAT MIXING !

Kalau proses rekaman kita dilakukan dengan detail seperti ini, otomatis si Mixing Engineer bakal bisa lebih berkreasi lagi. Jadi kalau mau dapetin rumus biar hasil Mixnya OK banget : INPUT BAGUS = MIXING BAGUS !!!

SELAMAT BER-REKAMAN RIA !!!!

No comments:

Post a Comment