Tuesday, July 5, 2011

EQUALISER - GAMPANG KOK !!!!

Haa?? Gampang?? Gimana bisa gampang? Nentuin frekwensinya gimana? Bandwidth nya ( Q ) nya berapa octave nih? Pake Parametric ? Model Linear phase? Mau shelf atau bell curve?? Wuuuiiiiiiiihhhhh.....Pusing tahu !?!?!?!

Wekekeke, dulu waktu awal2 belajar Mixing, selalu pertanyaan itu yang berkutat di kepala. "Ok, ini sound kick drum. Berarti kalau mau hollow sound, cut di wilayah 400HZ..Hmm, Q nya berapa ya? Ah, coba 0,8 octave. Waduh, terus ini diapain lagi ya? Kok masih begini soundnya? Arrrggghh.." Ternyata, begitu selesai proses Mix, hasilnya masih begitu2 juga . Kayaknya sound kick ama elemen drum yg lain gak nyatu. Belum digabung ama Vocal, terus ama Guitar. Kacau deh pokoknya !

Eh, ternyata itu hanya masalah MIND SET. Setelah bertahun-tahun berkutat ( kalau dari tahun 97, berarti sudah hampir 14 tahun nih, wekekekeke ), gak tahunya masalahnya simple banget. Kita sebagai Engineer terjebak dengan pola pikir "SEMUA HARUS TERDENGAR BAGUS..SEMUA HARUS TERDENGAR JELAS..SEMUA HARUS DI EQ" hehehe.

Dalam bukunya Dave Moulton (Total Recording) ataupun Mike Senior (Mixing Secret for the Small studio) , ORANG AWAM memiliki pola pendengaran yang berbeda dengan kita para Engineer. Kita para Engineer ibaratnya seperti mendapat "KUTUKAN", sehingga lupa bahwa ORANG LAIN TIDAK MENDENGAR DENGAN CARA KITA..tetapi dengan CARA MEREKA. Nah, bagaimana sih cara orang lain ( yang bukan Engineer ) mendengar sebuah lagu ?!?!?!

Coba begitu selesai melakukan Mixing, kita play di orang awam dan minta pendapatnya ( klo saya sih ama istri saya biasanya hehehehe..). Apa komentar yang paling sering keluar ??? "Kok Lagunya gimana gitu ya..." Itu klo kita terjemahkan secara langsung, pasti kita merasa WADUH, salah semua nih mixinganku. Berarti harus mixing ulang dong?? Coba kita tanya lebih jauh, entar lama2 terjadi sebuah jawaban yg lebih spesifik.."Enggak, itu lho VOCALNYA kok rada2 gimana.." AHA !!! That's the key.. VOCALNYA RADA2 GIMANA...Ow, berarti maksud "Lagunya gimana gitu", yang mereka amati pertama adalah masalah VOCAL. DAN MEMANG IYA !!!! hehehe

SO, tugas Utama kita sebagai ENgineer adalah memastikan Bahwa VOCAL memang harus menjadi titik acuan untuk melakukan EQ terhadap instrument yang lain !!! Maksudnya????

Misal, ada lagu isinya cuma Vocal sama Gitar Akustik. Terus lakukan langkah berikut :

1. VOCAL kita EQ dulu sampe dapet warna yg pas. Bingung cari warna? GUNAKAN LAGU ACUAN. Lalu EQ biar mirip2 ama warna suara Vocal di lagu acuan. Begitu sudah dapet, waktunya kita main2 di track gitar.

2. Posisikan gitar akustik di Center biar tumpukan sama Vocal. Kemudian, atur biar volume dari gitar SAMA dengan VOCAL. Pada tahapan ini, jangan bingung dulu pake plugin EQ apa, merk apa, belinya di mana hehehe. Pokoknya atur aja biar volume Gitar SAMA DENGAN VOCAL.

3. Nah, tugas berikutnya adalah aktifkan EQ di Gitar. Terus FOKUSKAN PENDENGARAN KITA KE VOCAL. Lakukan proses Cutting Freq di Track GITAR,gak tahu frekwensi berapa, Q nya berapa...NGAWUR AJA !!! wekekeke, cari terus SAMPE TRACK VOCAL TAHU2 MENJADI JELAS DAN TIDAK TERGANGGU OLEH GITAR. Jadi prinsipnya, BUAT VOCAL MENJADI JELAS DENGAN MELAKUKAN EQ PADA GITAR.

Coba amati. Otomatis, EQ yang kita lakukan jadi lebih terarah kan?? Gak peduli kok frekwensinya ketemu berapa nantinya, atau Q nya jadi berapa.. Dan biasanya, kita jadi tidak banyak melakukan EQ terlalu banyak di wilayah frekwensi lain. Karena proses EQ kita jadi lebih efektif !!!!

LHA??? Untuk Instrument lain gimana dong???? SAMA SAJA hehehe. Mau ada Keyboard, Samakan lagi Volumenya dengan VOCAL, EQ lagi si keyboard tapi dengan acuan VOCAL TIDAK TERGANGGU. BASS, juga begitu..Sehingga di akhir proses MIX nantinya, VOCAL akan menjadi POINT OF INTEREST dari lagu yg sudah kita Mix. Dan otomatis, instrument yg lain akan menjadi PENGUAT dari VOCAL, dan tidak mengganggu VOCAL.

Yg JELAS, TIDAK SEMUA INSTRUMENT ITU PENTING !!!. Kalau tidak penting, Gunakan EQ biar warnanya jadi Keruh, jadi gak jelas, JADI GAK PENTING ! Kalaupun ada INSTRUMENT YANG PENTING, JANGAN SAMPAI LEBIH PENTING DARI VOCAL.

WELL, Pake EQ model apapun, SIAPA TAKUT !?!?

Selamat ber EQ RIA !!!

7 comments:

  1. GREAT POST, ini yang aku bingung dari kmaren2 (kox buat artikelnya ga kmaren2 ya master !!! hehe) makasih pak master buat ilmunya. jadi semangat lagi buat berkarya...!

    ReplyDelete
  2. mantep mister......mbonek tenan

    ReplyDelete
  3. gan cahya izin share ya postinganya,,
    di

    http://karyamusikandvideo.indonesianforum.net/t5-mixing-enginer#6

    salam.

    ReplyDelete
  4. mz kalo mau mixing ritem gitar biar bunyinya cring-cring kaya akustik renyah bgt gimana y?,susah bgt,2bulan ga nemu2 cari2 mixing gitar doank....

    ReplyDelete
  5. Siip tipsnya.. Mencerahkan... Thaks gan

    ReplyDelete