Thursday, July 14, 2011

MIXING ALA ALIEN TECHNIQUE..WOW !

Hehehehe,emangnya Alien juga maen2 di Mixing?? Kan mereka terkenal dengan Piring Terbang nya doang..? Atau bentuknya aja yang aneh dengan kepala Besar, mata lebar ama tubuh jangkung..? Kapan emang Alien ikutan Mixing sama kita?

Sebenernya ini sih tehnik yang dipake biar kita waktu Mixing tetap Fresh, Having Fun...sama yang penting adalah bisa LEPAS SEJENAK dari kebiasaan kita mendengar suara2 normal yang terjadi saat Mixing. Dan penemu tehnik ini tidak lain dan tidak bukan adalah Michael Paul Stavrou - Audio Guru - yang emang dalam kegiatan mixing dia suka banget menjaga Otak Kanannya biar tetap bekerja secara maksimal. Terus, gimana caranya nih ?!??

Pertama, yang jelas lakukan proses Mixing dengan cara normal dulu. Ya seperti biasa, kita atur Balance, Panning, sedikit EQ di sana-sini, Compression, sampe kemudian kita merasa sudah pas dengan hasil mix yang di dapet. Nah, begitu sudah dapet semuanya...IT'S TIME TO PLAY WITH ALIEN !!

Caranya : Lakukan Audio Reverse pada keseluruhan track yang sedang kita mix. Hehehehehhe. Lho, berarti play back nya bakal kebalik semua dong???? Iya... Lha kan jadi aneh?? Emang... wekekekekke. Tenang aja, nikmati dulu aja suara yang kebalik-balik gak karuan itu, dengan Vocal yang berbicara dalam bahasa Alien, plus suara2 instrument baru yang belum kita dengar sebelumnya. WELCOME TO THE ALIEN WORLD...

Nah, ketika kita memasuki dunia alien ini, sebenernya banyak hal yg bisa kita teliti lho, mulai dari Balance, bentuk compression nya, atau apapun yg terdengar kurang pas. Contohnya begini, untuk urusan Balance aja, coba sekarang kita dengar Vocal terhadap instrument2 lainnya. Seringkali, ternyata Vocalnya terlalu dominan ke depan dan itu tidak kita sadari karena apa, kita terbiasa mendengar sebuah kalimat / kata2 normal seperti biasanya. Tetapi ketika suaranya gak karuan begitu, kita bakal lebih PEKA dan FOKUS karena kita lebih gampang membandingkan suara2 yg tidak jelas tadi. Suara kick yang "Zeeb..zeeb...", Snare yang "GWAAGGG..GWAGGG" bakal lebih gampang buat di balance ama kita. Termasuk instrument2 lain, seperti gitar, keyboard atau cymbal mungkin. Kuping kita jadinya lebih obyektif alias jadi kuping ALIEN hehehehhe.

Untuk mengukur compression, bisa kita dengar lewat buntut dari suaranya.. Semakin zzaaaAAABBB begitu, berarti semakin manteb tuh suara. Hehehe, coba aja ulak-alik compression parameternya. Nanti bakal ketahuan suaranya jadi gimana. Daripada kita dengerin suara2 biasa kayak kick / snare, klo di balik kan jadi asik...

So, sekarang Mixing jadi lebih asik dan gak bikin pusing lagi kan???

SELAMAT BER-ALIEN RIA !!!!

2 comments:

  1. berarti muternya setelah di export / mixdown dl ya mas?atau masih saat masih di project cubendo? tombol utk muter kebalik yg mana yak ?

    ReplyDelete
  2. Muternya waktu di project mas.. Ya caranya paling gampang adalah di pilih aja semua audionya..terus di proses REVERSE..entar kan otomatis bakal kebalik semua.

    ReplyDelete