Thursday, July 21, 2011

Sudah waktunya buat MASTERING ?!?!?!

Sudah beberapa waktu yang lalu banyak yang request ke saya buat nulis Artikel ttg Mastering...Dan memang, hal itu gak saya lakuin langsung. Karena memang ada beberapa alasan kenapa kok saya belum mau nulis artikel ttg Mastering. Alasan itu adalah :

1. Pengertian ttg Mastering sendiri masih amburadul - apa sih sebenernya mastering itu ?

2. MASTERING = TERGANTUNG HASIL MIXING. Bob Katz dalam bukunya "MASTERING AUDIO" bilang..bahwa hasil Mix yang memiliki nilai B, jangan harap bisa menjadi sebuah master yang bernilai A++. Kalau mau dapetin master yang nilainya A++, harus di proses dari hasil mix yang nilainya A.

3. MASTERING = MEMBUTUHKAN PENGALAMAN MENDENGAR YANG BANYAK. Biasanya, Mixing engineer yang baik merupakan awal untuk menjadi

Mastering Engineer. Karena apa, ketika proses Mixing, kita sudah berkutat dengan banyak hal seperti EQ - butuh pengenalan frekwensi -, Compression, mengenali apa yang terjadi terhadap Attack, release, ratio... Termasuk MicroDynamic, Macrodynamic.

MASTERING membutuhkan POLA PIKIR BERBEDA dengan MIXING. Kalau Mixing kita lebih berkutat dengan MEMBUAT LAGU dengan DATA. Kalau MASTERING = MEMBUAT ALBUM dengan DATA MIX.

Bob Katz sendiri memilih judul bukunya The ART AND SCIENCE - MASTERING AUDIO. Jadi MASTERING bukan semata-mata hal teknis juga, bukan sekedar FOKUS ke masalah RMS, masalah clip / tidak. Tetapi juga memperhatikan ASPEK2 SENI. Misalnya begini, kita selalu beranggapan bahwa yg penting MASTER harus KERAS. Padahal, gara2 di compress tanpa memperhatikan aspek seni, ternyata yang terjadi adalah hilangnya DINAMIKA lagu. Atau kadang, gara2 settingan compressor yg salah, hentakan yang mestinya bikin lagunya jadi HIDUP jadinya ya malah MATI.

Mungkin, di artikel awal ini..saya mau menyinggung dulu ttg pengertian Mastering dulu, biar gak amburadul dan salah kaprah.

MASTERING sendiri awalnya adalah sebuah PROSES PEMBUATAN MASTER untuk produksi Masal. Jadi masih belum ada proses2 tambahan seperti EQ, Compression, Stereo Enhancing dll. Nah, begitu tehnologi berkembang, akhirnya lahir sebuah istilah baru yang di sebut dengan PRE-MASTERING ( dikenal dengan MASTERING ). Di sinilah mulai di kenal proses2 tambahan yang tujuannya adalah bagaimana menghasilkan sebuah ALBUM yang OK punya.

Lha, klo mau tahu langkah2 detail nya - sebagai gambaran dulu - ini saya ambil dari Tutorialnya Friedman Tischmeyer, lihat gambar di bawah (klik untuk memperbesar)


Maka dari itu, sebelum kita bahas lebih jauh lagi ttg Mastering, alangkah baiknya kalo di perkuat dulu masalah Mixing sampe kita bener-bener menciptakan sebuah LAGU..bukan PRODUK !.

SELAMAT BER-PREMASTERING RIA !!!!

No comments:

Post a Comment