Saturday, July 16, 2011

TRIK MIXING LEBIH MENYENANGKAN....

Tahu sendiri kan, kalo pas Mixing tahu2 datanya ada 50-70 track? hehehe. Yang tadinya gak sakit kepala jadi pusing deh.... Sebenernya ada beberapa cara biar nantinya kita gak terlalu pusing dan capek. Langsung aja kita kupas satu-satu yuukkkk..

1. Atur track-track sesuai dengan Fungsinya. Drum - kumpulin jadi satu. Gitar, kumpulin jadi satu juga. Yg penting lakukan dengan sabar, karena orang sabar di sayang Tuhan hehehehe.

2. Beri warna pada track yang udah di kumpulin tadi ( gambar bawah ). Drum - warna biru semuaaa. Atau Hijau semua. Entar kumpulan track gitar di beri warna Orange misalnya. Vocal - warna Kuning tua.. Terserah deh. Yang penting buat track jadi menarik. Mau di bikin pelangi juga boleh.


3. Kalau perlu - di kasih Gambar. Kayak di software Reaper nih ( saya lagi demen ama software ini-kecil2 sangar juga). Di situ bisa kita lihat, tiap track bisa di beri gambar sendiri-sendiri. Ada gambar Drum, Keyboard, Microphone, macem-macem deh pokoknya. Jadi kalau nanti kita nyari track bisa cepet. Gak pusing urutin satu2.

4. Beri Marker - tanda - di masing2 bagian lagu. Misal Bar 1-8 diberi nama intro, Verse di beri tanda sendiri. Sehingga ketika kita mau Mixing bagian Chorus dulu, bisa langsung di akses ke sana. Gak usah di play, di cari satu2...UUuuhh..bakalan lama deh. Tapi klo pake marker bisa langsung tembak. Tekan numpad 3 - lompat ke Chorus langsung.

5. Lakukan Track Cleaning / Editing sebelum session Mixing di mulai. Track cleaning itu misalnya menghapus suara-suara yang gak penting dari Vocal, entah itu batuk, atau nyanyi2 kecil, atau nelen ludah. Kalau di Gitar gitu biasanya bunyi2 gesekan senar sebelum main. Atau suara noise sebelum dia mulai main gitar. Untuk editing, kita bisa melakukan tempo editing..ada yg telat ya di benerin. Ada yang fales ya di benerin dulu. Mulai dari Drum, bass, gitar, keyboard sampe Vocal. Edit sampai instrumentnya "LOCKED"..jadi kayak jadi satu gitu mainnya. TAPI JANGAN TERLALU PAS BANGET!! Emangnya kita ROBOT?!?! hehehe

6. Jadi, bedakan antara Pre-Mixing dengan Mixing. Kalau Mixing - itu sudah jangan sibuk dengan Editing lagi, bersihin sana-sini, benerin tempo, atau edit yang fales2. Lakukan itu di proses Pre-Mixing. Sehingga kita Mixing adalah data yang sudah bener2 Ready to Mix. Mungkin proses Pre-Mixing bisa seharian sendiri ngurusin track2 nya. Kalau sudah begitu, JANGAN LANGSUNG MIXING !. Kita sudah pasti capek, pusing, gak Fokus dan laper hehehehehe. Enaknya kalau Mixing di keesokan harinya dengan kondisi yang FRESH.

So. kalau sudah di lakuin semua - MIXING JADINYA LEBIH MENYENANGKAN...

SELAMAT BER-EDIT2 RIA !!!!

No comments:

Post a Comment