Tuesday, July 26, 2011

Minimum Voltage - MAXIMUM ILLUSION !?!??!

Waduh...bahasa apa lagi tuh?? Bukannya Mixing Engineer bukan pesulap ? hehehehe.. Kok masih aja berbau-bau Illusion gitu? Berarti tetep aja jadi pesulap dong ?!?

Jawabannya adalah YA DAN TIDAK. Kalau yg jadi pesulap misalnya bikin suara Gitar kayak Avanged padahal data aslinya gak karuan tentu saja itu TIDAK jawabannya. Tetapi di luar fungsi itu, tugas kita tetaplah sebagai PESULAP juga yang bermain-main dengan ILUSI. Hmmm...contoh gampang nya begini.

Kalau di Mixer asli, Level meter yang ada LED nya itu kan sebenernya menunjukkan jumlah "SETRUM" yang masuk ke jalur tersebut.. Jadi kalau setrumnya kecil, ya berarti Levelnya menunjukkan angka yg kecil. Kalau setrumnya gedhe, berarti Levelnya bakal menunjukkan angka besar. Itulah kenapa, ketika sebuah sumber suara yg masuk ke mixer pelan ( setrum kecil )..dibantu dengan sebuah tombol yg namanya GAIN - berfungsi untuk memperbesar SETRUM tadi.

Nah, di SOFTWARE DAW pun sama saja. Cuman kalau sudah di software hal itu dilakukan secara perhitungan oleh si Komputer..yg penting tugas kita cuman Ngisi plug in yg ada GAIN nya..kita gedhein itu GAIN..pasti SETRUMNYA naik juga. Lha terus, hubungannya ama Judul di atas apa ya??

Mixing Engineer, salah satu tugasnya adalah membuat ILUSI yg asik punya..yaitu, gimana caranya dengan SETRUM yang kecil..tetapi kalau di dengerin itu seolah-olah memiliki SETRUM yg lebih besar. Jadi gampangannya gini. Misal nih, ada gitar yang levelnya rata-rata di -10dB.. Buat agar suara gitar tadi memiliki ILUSI seolah-olah memiliki level -8dB.. Berarti kan seolah-olah suara gitarnya lebih kenceng 2dB..padahal aslinya tetep.

Mungkin buat anda yang penasaran..coba cari Album country yang di garap oleh si Om George Massenburg - Pembuat Mixer2 handal kelas dunia..Kalau kita import lagu2nya, kemudian kita cek levelnya..itu rata-rata di kisaran K-14 ( K-system ). Lha tapi, kalau saya pas mixing juga pakai ukuran K-14 kemudian di compare...ITU GAMBARNYA MASIH KALAH GEDHE dibandingkan dengan si Om George Massenburg wekekekekekek. Makanya, saya kadang pengen cangkok otak ama si Om biar pinternya pindah ke saya, tapi wajah tuanya biar dia yang ambil hahahahaha ..

Nah, ketika kemudian saya coba terus memahami konsep Minimum Voltage Maximum Illusion itu tadi, ternyata si Om GM, atau bahkan si Paul Stavrou..itu emang jagoan sulap. Jadi misalnya nih, ketika diawali dari proses Rekamannya, saya sudah berusaha mencari suara yg ILUSI nya itu bisa seolah-olah GEDHE gitu tanpa harus di proses dulu. Entah melalui posisi Mic lah, entah itu di bantu ama posisi Mic2 lainnya. Dan ternyata..KITA MEMANG PESULAP !

Kuncinya adalah...CARI SUARANYA SAMPE ILUSI NYA ITU GEDHE..LEBIH KENCENG..dengan level yg tetep wae. Dijamin, hasil mix kita bakal lebih MANTAB DAN GEDHE ketika kemudian di compare dengan hasil mixing yang tidak memakai konsep ini.

SELAMAT BER-ILUSI RIA !!!!

1 comment:

  1. ass.
    mantap sekali nih blog om cahya, om tolong bikin lg blog dong secara rinci tentang mixing & masteringnya hehehe

    ReplyDelete