Tuesday, July 19, 2011

JANGAN REMEHKAN SPEAKER2 MURAH SAAT MIXING !!!

2 hari yang lalu, saya iseng-iseng maen ke sodara saya yang ada di Sidoarjo. Begitu saya masuk, saya melihat sebuah benda lucu seperti gambar ini dan banyak banget di ruang tamunya heheheheheh



WOW!!! Speaker macam apa lagi nih?? Saking penasarannya, saya langsung buka kardusnya , langsung saya bunyiin nih speakernya pake mode Radio. Wiiiihhhh....suaranya kereeennnn bangeeeettttt. Udah gitu, harganya murah lagi. Gak sampe 200rb dah dapet speaker yang bisa bantuin saya saat Mixing. Sampe-sampe istri saya bilang "Hmm...mulai aneh2 lagi kan??? Masak mixing pake speaker begituan ???"

Besok paginya, pas di kantor langsung saya buka file2 klien lama yang udah saya Mixing. Saya masukin kabel konektor kecil dari Converter buat masuk ke Speaker ini. Langsung saya kaget !! Waduuuhhh...ternyata di speaker ini, hasil mix saya masih ada suara yang buthek2 gitu. Ketika saya play lagu barat favorit saya..DENG-DENG.. Suaranya OK BANGET ! Hahahahahaha, langsung deh kuping ini gatel buat utak atik Mixing lebih jauh pake speaker ini. Padahal saat itu saya pake YAMAHA HS50 ama pake EsI 04. Langsung saya matiin bentar, terus mulai dengerin lebih serius pake speaker ini.. Dan setelah hampir 2 jam Mixing kasaran, ketika kemudian saya play di Speaker besar, hasilnya jauh lebih Bersih dan lebih Rapi ! Lho kok bisa ?!?!?

Sebenernya, tehnik seperti ini juga di lakukan oleh Engineer2 dunia lainnya. "Lho mas, katanya kalau mixing harus pake speaker yang detail? Lha klo speaker harga 200rb detailnya dimana dong ?? " Hehehehe. Tenang-tenang....Jangan panik dulu !!!  Kan saya tidak menganjurkan buat ngejual speaker2 yang mahal itu...tapi saya cuman mau bilang bahwa pake speaker2 yang murah begini juga sangat membantu saat kita melakukan Mixing.

Charles Dye - Grammy Award Engineer, juga memakai Desktop Speaker seperti ini untuk NGECEK dan Mencari frekwensi2 yang kadang susah di denger di Speaker yang mahal. Kenapa begitu?? Speaker2 murah itu kekuatannya adalah di Low Mid sama Mid yang begitu dominan. Jadi Charles Dye sendiri juga kalau EQ suara Gitar, pindah dulu ke speaker yg kecil, kemudian di cari frekwensi buthek2 nya...Begitu sudah ketemu, di cek lagi di Speaker besar ! Wekekekeke

Lha, ada keuntungan lagi kenapa kalau Mixing harus di cek di speaker2 kecil seperti ini. Kalau hasil mix kita di play di speaker2 model yang lucu2 begini masih ENAK dan jelas..Berarti mix kita sudah OK PUNYA tuh !. Bukan berarti suaranya harus detail kayak speaker2 mahal, tapi emang kita juga harus mikirin orang2 Kantoran yang nge play Musik lewat speaker2 kayak begini. Kan lebih banyakan orang2 punya speaker desktop harga 200rb an daripada yang 5jt ke atas hehehehehehe

Triknya adalah :

1. Mix dulu di speaker2 Mahal..Begitu masuk urusan warna suara, harus sering2 cek antara speaker mahal dan murah.

2. Di speaker yang murah, fokus ke suara2 yg Buthek2...yang GRUNG..GRUNG..pokoknya suara yang ngaco gitu deh. Kalau bingung, bandingkan dengan Musik yang sudah jadi. Dari situ amati perbedaan yang terjadi terutama di daerah Low Mid ama Mid.

3. Di speaker yang lebih kecil, kita bakal lebih mudah menilai "MAJU/TIDAKNYA" sebuah Vocal. Kadang di speaker besar kayaknya sudah pas, tapi begitu pindah ke speaker kecil..ternyata KENCENG dan MAJU BANGET. So, lakukan cek Balance juga di speaker yang kecil.

SELAMAT BER-SPEAKER MINI RIA !!!!

17 comments:

  1. sepakat mas,pernah dulu mo beli nearfield.karena stok barang nya habis,si sales bilang gini..pake aja speaker2 compo mas,la wong nanti dengernya juga di speaker2 kayak gitu ga pake speaker2 mahal..:))"

    ReplyDelete
  2. Hehehe, ya gak gitu juga kali mas. Kayak kita mau editing gambar, pasti tetep butuhnya itu pixel yg tinggi, resolusi yg tinggi, biar gambarnya tajem. Tapi begitu mau di upload di web, ya tetep di jadikan ukuran kecil biar gak kelamaan loading hehehe. So, speaker yg detail tetap di pakai saat produksi / Mixing, tapi jgn lupa ngecek pake speaker2 lainnya.

    ReplyDelete
  3. pengalaman saya yg belum pengalaman ini, saya pernah mixing cuman menggunakan headphone kelas medium pro, dan speaker destop 2.1 buat PC (hifi), hasilnya jg lumayan biarpun jauh dr sempurna. alasan utama menggunakan speaker hifi tidak adanya dana buat beli speaker flat. hehehe.

    eNKamusic@gmail.com

    ReplyDelete
  4. pengalaman saya yg belum pengalaman ini, saya pernah mixing cuman menggunakan headphone kelas medium pro, dan speaker destop 2.1 buat PC (hifi), hasilnya jg lumayan biarpun jauh dr sempurna. alasan utama menggunakan speaker hifi tidak adanya dana buat beli speaker flat. hehehe.

    eNKamusic@gmail.com

    ReplyDelete
  5. iya juga sih mas,itukan kata salesnya hehehe,eh ngomong2 beli dimana tuh mas speakernya?

    ReplyDelete
  6. jadi ingat dengan band lama... saya mixing 14 lagu dengan speaker simbada yang kecil-kecil itu, dengan cara membandingkan dengan lagu artis yang sudah jadi... hasilnya top-cer.... dan terbukti, speaker hanyalah teknis tapi soundengginer lah yang menjadikan suara itu menjadi jernih.....

    ReplyDelete
  7. Setuju ! :D
    Toh orang-orang pada ngedengerin pake speaker2 biasa

    ReplyDelete
  8. Betul sekali bro saya setuju, untuk masalah vokal kadang kala sudah se balance mungkin di mixing tetapi saat saya coba di speaker imut eh malah terlalu mendominasi, So saran saya cobalah hasil mixing mu di berbagai spekaer jika sudah terasa pas semua berarti sudah sempurna.He....

    ReplyDelete
  9. setelah sy baca dr ujung rambut sampe ke ujung kaki hehe sy cukup paham . Utk smua brother2 ku kira2 speker flat ap yg yg harga ny terjangkau buat mixing pemula ? Dan mohon sekiranya cek lagu lagu sy di www.reverbnation.com/mrcreese Thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya coba pake Samson Mediaone baik itu 3a/4a/5a (a =inch), itu speaker paling terjangkau gan kira-kira 1,3-1.7 jutaan

      Delete
  10. Diluar itu semua, melatih mendengarkan berbagai genre lagu/musik juga perlu, supaya telinga terbiasa/terlatih dengan suara suara yang dihasilkan sebuah lagu/musik. Jadi pake speaker apa aja tdk masalah. Yang penting hasilnya.

    ReplyDelete
  11. yang mau jual software vst instrument adictivedrum hub boim_subagio@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. Saya pakai 3 speaker tester: hape, speaker panggung, sm speaker monitor... Tapi masih jelek, eh ternyata krn saya ga bisa mixing

    ReplyDelete
  13. Saya jadi pede untuk melanjutkan kreasi saya, sebelum menghasilkan yang lebih besar lagi...maju terus dengan apa yang ada...mantap artikelnya....trims!!

    ReplyDelete