Monday, July 11, 2011

SI PERAK YANG MEMBUAT MERINDING .....

EDAN!!! Itu adalah kata pertama yang terucap ketika saya merasakan efek dari SI PERAK yang bener2 membuat bulu kuduk saya merinding ketika melakukan track VOCAL waktu recording session....HA!?! Sebegitunya ??? Apaan sih Si PERAK itu ??

Si perak itu tidak lain adalah CLA-2A, sebuah plugin yang di buat oleh Waves yang bekerja sama dengan seorang Engineer Veteran Chris Lord Alge - Paramore, Green Day, Dave Matthews - yang tujuannya adalah membuat tiruan dari Hardware aslinya yang memang terkenal karena sifatnya yang mampu memberikan SENTUHAN DAHSYAT terhadap suara yang diprosesnya.

Kalau pas rekaman Vocal nih, apabila karakter lagunya membutuhkan Suasana yang soft, gently, merayu, sedih, manja gitu, saya selalu langsung pake plug-in ini tanpa banyak berpikir. Hal ini di karenakan karakter dari compressor ini menyebabkan Suara yang di hasilkan memiliki karakter seperti di atas. Di kuping, itu seolah-olah ada sebuah "NYAWA BARU" yang ditambahkan oleh pluin ini, sehingga sering kali saya benar2 bisa merasakan kehadiran si Vocalis di speaker - kalau maunya manja ya jadi manjaaaa gitu, kalau pas sedih ya sediiiiihhh...hiks..hiks..hiks...

Uniknya, plugin ini memiliki parameter cuman 3 : GAIN, PEAK REDUCTION- sama tombol yang fungsinya mengatur Seberapa banyak Hi/low frekwensi yang diproses oleh compressor ini. Kemudian ada VU meter yang menunjukkan GAIN REDUCTION yang di hasilkan oleh compressor ini. So, tugas kita adalah cuman mengutak-atik parameter2 di atas biar kemudian sound yang dihasilkan sesuai dengan karakteristik yang kita mau.

Ingat, ini adalah sebuah compressor yang sifatnya adalah Musical compressor. Jadi compressor yang memang tidak sekedar mengendalikan DINAMIKA, tetapi juga compressor yang memberikan KARAKTER dan SUASANA terhadap suara yang sedang di olah. Kalaupun mau kita berikan settingan yang sifatnya Ekstrem sekalipun, dia masih mampu memberikan CUACA lain yang tidak merusak suara yang sedang di proses...weleh..weleh..weleh.....

Buat akustik gitar, dia mampu memberikan sebuah efek Sustain dan memperhalus permainan dari seorang gitaris yang tadinya mainnya agak terputus-putus dan kurang rapi. Buat backing vocal, dia mampu menjaga agar backing vocal menjadi SOPAN DAN TAHU DIRI bahwa yang mejadi LEAD adalah MAIN VOCAL dan otomatis benar-benar memberikan ruang buat MAIN VOCAL untuk menjadi bintang di Lagu yang sedang di Mix. Yang jelas bener2 asik deh sentuhan yang diberikan oleh plugin ini hehehe.

So, mau tidak mau ketika akan memakai Compressor yang WORLD CLASS begini, ktia sudah harus mampu melepaskan diri dari hal2 yang sifatnya teknis, untuk kemudian masuk lebih dalam lagi ke wilayah-wilayah yang sifatnya adalah KARAKTER, NYAWA, SUASANA.. Bukan sekedar "wah..Gain reduction banyak banget nih...", atau "Aduh..kok gak ada Attack-release nya ya..??" Noooo... Buat Engineer yang telinganya masih susah ngebedain mana Compressor yang musical dan yang tidak, maka tidak akan begitu terasa KEHEBATAN dari Compressor ini. Tapi buat Engineer yang sudah nyari compressor yg sifatnya Musical, pasti BAKAL KETAGIHAN ama hasil olahan CLA-2A ini yang bakal membuat YOUR SOUND BEING A LIVE !!!!

SELAMAT MERINDING RIA !!!!

1 comment: