Thursday, July 14, 2011

OLAHRAGA OTAK..Muter Kiri atau Kanan Ya !??!?!


Hayooooo...ini gambar penarinya sedang muter ke kiri atau ke kanan?!?!?!? wekekekeke. Pagi tadi saya nunjukin gambar penari ini ke istri saya..Dia bilang "Muter kanan tuh...", saya ketawa aja. Saya bilang, "Itu gambar bisa muter kiri / kanan.." Dia bilang lagi "Enggak ah..ke kanan nih penarinya, tuh kan..muter ke kanan...". Tapi ternyata dia penasaran, di liatin terus tuh gambar, tahu2 teriak "Papa...gambarnya aneeeehh...bisa ke kiri juga, kadang jadi ke kanan!!!" Wekekekekekeke

Itulah kehebatan OTAK! Mungkin beberapa dari temen2 juga melihat penarinya muter ke kiri...atau penarinya muter ke kanan. Lho, mana yang bener nih!?!?!? Dua-duanya bener kok hehehe. Lha terus kok ada yang bilang muter ke kiri, ada yang bilang muter ke kanan, ada yang bilang bisa ke kiri atau bisa ke kanan ?? Buat yang melihat ke kiri, berarti dominasi Otaknya adalah Otak Kiri, dan buat yang ke kanan, dominasi Otaknya adalah Otak kanan. Dan buat yang bisa dua-duanya..berarti GAK PUNYA OTAK alias GILA ! wekekekekekeke.

Otak Kanan, itu lebih ke arah penggunaan Feeling, Imajinatif, Kreatifitas, Spiritual, dan tidak ter struktur. Itulah kenapa anak kecil yang aktif kalau kita secara Orang dewasa melihatnya adalah "NAKAL", tidak nurut. Padahal dalam Otak mereka, yang terjadi adalah KREATIF, NO RULE, HAVING FUN, WHY NOT..

Otak Kiri, lebih ke arah Logika, Detail, Urut, Struktural dan Matematis. Semakin dewasa kita, karena juga bentukan dari lingkungan biasanya kita lebih Dominan ke otak kiri. Makanya kita pun memilih warna2 Stabil..perabotan juga yang begitu, cara kerja juga akhirnya mencari yang sifatnya urut, aman dan PASTI.

Hubungannya ama Mixing apa sih ?? Pake senam otak segala? Hmmmm...begini. Mixing adalah sebuah proses yang memang membutuhkan Kreativitas, Imajinasi, kemampuan untuk melihat GAMBARAN UTUH ttg sebuah lagu. Nah, disini fungsi otak yang di pake adalah OTAK KANAN. Jadi ketika Mixing, dominasi otaknya harus banyak Kanan, biar hasil Mix yang dihasilkan adalah Mix yang Kreatif dan mampu membawa Imajinasi Pendengar ke situasi tertentu. Lho, saat Mixing emang gak pake otak kiri?? Tetap di pakai kok. Jangan khawatir. Lha proses Nyari "File..open..", itu adalah otak kiri. Cari2 plugin adalah otak kiri. Mengorganisasi track adalah otak kiri. Repotnya adalah, ternyata emang agak susah bagi kita untuk bisa cepat berubah dari otak kiri ke kanan, atau sebaliknya.

Makanya itu, usahakan hal2 yang sifatnya otak kiri, dikerjakan di awal2. Terus kalo bisa, pake tombol2 shortcut biar cepet. Gak usah nyari2 menu lagi...entar malah kelamaan di otak kiri dan begitu mau switch ke otak kanan jadi susah. Sering kali ketika kita nemu plugin yang bagus gambarnya...kelamaan utak-atik itu plugin sehingga kita lupa tugas kita adalah "MENDENGARKAN" dan Mencari FEEL dari instrumentnya.

Dan cara latihan gampang adalah, saat mau merubah arah penari..coba di sela dengan aktifitas berkedip, atau berpikir matematis buat yg pengen ngelihat ke kiri, atau membayangkan bentuk yang aneh di otak buat yang pengen ngelihat ke kanan ..atau kalau saya sih, saya melihat ke arah lain, tetapi saya masih bisa melihat gambar penarinya walaupun kabur ( kayak ngelamun tapi masih bisa ngelihat ). Di situ saya rasakan dulu, mau ke kiri / ke kanan. Begitu sudah menentukan, coba "RASAKAN" gerakan gambarnya. Begitu sudah KERASA "Oh..sekarang muter ke kanan tuh"..Langsung lihat gambarnya. Entar pasti bakal asik dan ketagihan.....

SELAMAT BER-MUTER2 RIA!!!!

1 comment:

  1. videonya keren, bisa di puter", bisa di puter ke kiri bisa ke kanan. tinggal masuk ke scene menit akhir, terus balik lagi ke awal. gerakannya langsung berubah

    ReplyDelete