Tuesday, July 5, 2011

6 Langkah Mixing cara cepat !!!!

6 langkah Mixing cara cepat dengan hasil maksimal pada sebuah lagu

Bila ingin mendapatkan hasil mix yang bagus tanpa perlu repot-repot, gunakan beberapa langkah berikut :

1. Sebelum melakukan proses Mixing, cari dulu acuan lagu yang mirip dengan genre lagu kita ( kadang saya pake lagu Paramore, Katy Perry, Avril, macem-macem lah). Begitu sudah ketemu, import ke project yg sedang kita kerjakan. Lalu, play secara solo lagu acuan tersebut, atur agar Gain menunjukkan kisaran K-20 ( atau mungkin -18dbFS) di level meter.

2. Solo track vocal yang ingin kita Mix, kemudian ganti ke lagu acuan. Lakukan itu secara berulang-ulang, dari vocal kita ganti ke lagu acuan.  Nah, pada saat proses ini, amati perbedaan apa saja yang terdapat di vocal kita terhadap vocal acuan. Termasuk masalah gain, warna suara, atau macem2nya. Lakukan proses yg diperlukan ( EQ, Compression ) terhadap vocal kita agar setidaknya mendekati acuan yang kita mau. ( walaupun gak harus sama persis ).

3. Begitu ketemu, lanjutkan dengan track-track yang lain. Drum misalnya, awali dengan membandingkan KICK, SNARE, dengan lagu acuan. Ukur gainnya, warnanya, dan lakukan proses agar kira2 mendekati lagu acuan.

4. Untuk masalah FX ( reverb terutama ), gunakan headphone untuk meneliti Reverb yang ada di lagu acuan. Amati tingkat kelebaran, warna dan seberapa besar reverbnya. Cari plugin atau hardware yang setidaknya mendekati lagu acuan, tentukan jumlah reverbnya.

5. Jangan lupa melakukan proses Automation pada track. Automation ini berfungsi untuk menghidupkan dinamika Lagu. Jadi, pada saat melakukan proses ini, lakukan sedetail mungkin. Buat lah automation agar lagu yang kita mixing memiliki Emosi antar bagian lagu, dan maksud yang disampaikan bisa dimengerti oleh pendengar.

6. Setelah semua proses selesai, bandingkan secara keseluruhan antara lagu yang kita mix dengan lagu acuan. Disini yang kita cari adalah bukan "SAMA PERSIS", tetapi setidaknya suara-suara yang kita proses lebih terarah dibandingkan dengan kalau kita gak pake acuan sama sekali. Kalau perbedaanya terasa sangat jauh, berarti masih ada proses yang kurang tepat. Tapi kalau hasil mix kita sudah terdengar MATANG, berarti kita sudah melakukan proses yang tepat.

SELAMAT BERMIXING RIA !!

6 comments:

  1. wah bole juga niy gan ,tips nya,,kalo saya giman emut saya aja sih hehehe,kalo lagi mut edit kayanya cepet tapi kalo lgai ga mut hehehe .aduh suaah bang hehehee

    ReplyDelete
  2. Hahaha, kalau mood sih emang gak bisa di tawar bro. Saya aja kalau udah gak mood, mending mainan ama anak aja, biar mood nya balik hehehehe

    ReplyDelete
  3. kalo langkah masteringnya gmn bos?

    ReplyDelete
  4. mas gan kirim linknya via email dong sa juga maukk di rendra_bass@yahoo.com tengs yak

    ReplyDelete
  5. Yah... Berarti bisa jadi ngekor karakter band lain donk gan....
    Tapi bagus sih tipsnya...
    Patut dicoba.

    ReplyDelete