Wednesday, July 13, 2011

MICRODYNAMIC - Kecil2 Cabe Rawit !!!

Hmmm...gimana ya caranya Tom Lord Alge mixing lagunya P!INK kok bisa kita ngedance gitu?? Gila nih si Tony Maserati!!! waktu mixing si Jason Mraz bisa nge FLOW gitu lagunya...tubuh jadi gak bisa diem ngikutin ritme dari lagu sama alunan Vocalnya. RATM lagunya bisa nendang banget gitu ya...?? PLEASE..HELP!!! How can we do a mix like that??? Itu pertanyaan yang selalu berkutat di kepala saya waktu dulu belajar Mixing, kenapa seolah-olah ada RAHASIA lain yang membuat hasil Mix mereka itu bener2 nggigit di telinga, bener2 bikin kita MOVE dan langsung refleks kita bergerak ama lagunya.

MICRO DYNAMIC - itulah kunci rahasia mereka ( sebenernya bukan rahasia..tapi kita aja yang gak tahu hehehehe ) saat melakukan Mixing sebuah lagu. Lha terus, apaan sih yang namany Micro Dynamic itu sendiri?? Kok serem amat gitu ya istilahnya? Kayak MICROBA aja wekekekeke.

Coba mainkan sebuah lagu yang kita suka banget pake instrument yg kita kuasai - entah itu gitar, keyboard..atau drum mungkin. Terus saat kita memainkan lagunya, amati suara yang kita hasilkan saat bermain alat musiknya. Semakin kita larut dalam lagunya, maka "EMOSI" permainan kita bakalan ikut terpengaruh tuh. Semakin menuju ke Chorus..semakin kenceng dinamika yang kita mainkan. Ketika chorus, maka main kita sudah lebih kenceng daripada sebelumnya. Ketika balik ke Verse, eh..kita atur tuh cara main kita biar emosinya juga ikutan turun.

NAH, hal2 kecil seperti itulah yang disebut dengan Micro Dynamic. Sebenernya yang paling gampang adalah ketika kita memainkan sebuah VST melalui MIDI. Coba kita lihat data MIDI nya. PASTI dan PASTI, velocity ( kekerasan kita menekan tuts ) nya bakalan GAK RATA..naik turun..bahkan kalau pas EMOSI bisa terjadi lonjakan data - yg tadinya cuman 50-60, sekarang jadi 100-110 velocity.

Saat Mixing, yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita selalu memasang telinga untuk mencari dan mencari Micro Dynamic dari tiap2 permainan instrument untuk lebih kita tonjolkan dan hidupkan. Jadi, jangan pernah berpikir untuk "Wah..ini KICKnya ga rata nih...ratain aaaahhhh...Atau waduh, bass nya kok begini..COmpress abis aaahhh..." TIDAK SAMA SEKALI !!!

Contoh kemarin, ketika saya mengajar kelas untuk Mixing, ada sebuah track Gitar yg menurut saya Attack/hentakan pukulan dari pemainnya kurang GIGIT banget. Tapi ketika saya tanya ama peserta kelasnya..dia bilang "Udah kok mas..udah mantab buat saya tuh??". Hmm, akhirnya saya memakain CLA-3A ( Compressor buatan WAVES ) yang memang memiliki karakteristik GALAK, saya insert, utak atik dikit..JADI DEH !. Kemudian saya minta si peserta buat bandingin antara yg pake CLA-3A ama yg tidak. "WUIH...MASIH BISA LEBIH HIDUP LAGI YA MASS???"

Jadi, TIDAK ADA RAHASIA DIBALIK RAHASIA!! hehehe.  Yang ada hanyalah ketelitian dan kemampuan mendengarkan Micro Dynamic - NYAWA PERMAINAN - dari masing2 instrument. Begitu kita sudah memahami Nyawa yang dimiliki atau dibutuhkan oleh instrumet2 tersebut, tugas kita selanjutnya adalah membawanya ke dunia nyata MELALUI MIXING !!!

SELAMAT BER-MICRODYNAMIC RIA !!!!

2 comments:

  1. Makanya musisi jgn macem2 sm sound engineer, mau lagu melow mu ta jadi'in tanjidor hahaha..

    ReplyDelete
  2. Berak brobot.. lu jangan sok jadi manusia.. lu sound engineer kaleng krupuk.. berapa artist udah lu handle hah..?? Baru belajar sm indra.q aja udah songong lu..
    Udah pernah beresin kabel satu kontainer blom, udah pernah ngangkatin sound yg berat2 blom.. bru bisa protools aja udah belagu lu.. sok-sokan ngancem musisi.. emang lu kira musisi bego kaya lu hah .. di amerika sound engineer banyak yg gulung tiker gara2 musisinya udah pd cerdas.. tau teknik micking yg benar, mic yg bagus, preamp bagus.. walhasil kagak usah dimixing hasilnya udah keren.. lu pikir tanpa musisi yg bagus lu bakal ngasilin karya yg bagus gitu?? Ya kagak tong..
    Lu pikir gear yg beli sampe puluhan, ratusan juta bisa ngasilin sound yg keren tanpa musisi yg hebat.. Hidup mati lu sbg orang yg ngakunya "sound engineer" bergantung bgt sama musisi.. seorang michael jackson biar nyanyi pake mic sama sound musholla tetep aja keren, mau pake mojave kek, pake preamp 1073 vintage kek, SSL kek, tetep aja kalo yg nyanyi pales lu gak bisa berbuat apa2..

    ReplyDelete