Tuesday, July 5, 2011

SENJATA AMPUH PLUGIN BUAT MIXING / MASTERING YG DIREMEHKAN BANYAK ORANG !!!

Di saat beredar banyak plugin di dunia maya, ternyata ada satu buah plugin yang sampai detik ini masih membuat saya terkagum kagum dibuatnya. Sebuah plugin yang dari tampilannya sih tidak begitu mengagumkan. Tidak seperti plugin lain yang banyak meniru tampilan hardware yang begitu keren ( LA-2A, 1176, FAIRCHILD, dll ), plugin ini memiliki tampilan sendiri yang menurut saya juga kurang menarik. TAPI APALAH ARTI SEBUAH TAMPILAN, ternyata dibalik sebuah tampilan yang agak aneh dan mencolok, begitu plug in ini digunakan pada sebuah track, maka dia akan menunjukkan siapa dia yang sebenernya !!!

Jujur, awal saya meremehkan plugin ini. Karena gembar gembornya sih plugin ini mampu memberikan RASA ANALOG pada track ataupun hasil mix yang kita kerjakan. Saya sendiri sudah banyak menggunakan plugin-plugin seperti UAD-2 Studer A800, AC1 Protools, AC2..UAD-2 Neve 33609, dan buat saya semua plugin mahal di atas belum mewakili RASA ANALOG termasuk cara kerja PITA ANALOG jaman dulu. Bayangkan dengan promosi yang bilangnya begini :

"a Reel-to-Reel Audio Tape Warming effect that gives your tracks the elusive vintage tape sound
which your ears crave. This effect can inject sterile audio with the warmth and character of classic tube circuitry and analog tape
saturation.
The plug-in features pure analog reel-to-reel tape speeds, tape/tube saturation and tape color effects, as well as a dedicated vintage style
EQ and a built in Boost mastering section. The result is a creamy, warm sound "

Lha wong Plugin yg saya sebutkan diatas harganya jutaan aja ternyata masih belum pas buat saya, kok ini malah murah dan berani klaim kayak begitu !!! Begitu saya pasang plugin ini di master, pertama saya langsung cari preset ( lagi males utak-atik soalnya hehe ), kata pertama yang keluar adalah "WOW"...serius nih ada plugin yg begini ?? Begitu saya utak atik parameter yang ada di plugin nya..saya lebih kagum lagi.."Ini beneran bisa begini ??? " Bayangkan, saya yang selama ini berusaha membuat Rasa Analog di setiap hasil mix saya dengan susah payah, eh..gak sampe 5 menit pake plugin ini langsung ketemu. Diulik-ulik sedikit langsung ok...waaaaahhhh !!!

Masih penasaran, saya coba mulai pasang plugin ini di track kayak Kick, Snare ama Bass. Pada saat melakukan itu, saya pengen tahu, kalo emang bener dia bisa memberikan ELUSIVE VINTAGE TAPE SOUND seperti yang dia gembar-gemborkan, berarti nanti Kick atau Snare yang saya kasih plugin bakal kena Compress ala Analog Tape. Saya mulai milih "TAPE COLOR - Vintage", kemudian gain saya naikkan agar Compression nya bekerja, dan yang terjadi adalah GILAA !!! hehehehe. TERNYATA PLUGIN INI MEMANG SESUAI DENGAN APA YANG TELAH DIA KLAIM !!!

Ahhh..udah gak sabar sih pengen nunjukin ini plugin.. Tetapi karena saya dendam kesumat ama plugin ini, biarlah dia yang gantian mangkel karena gambarnya gak Nongol-Nongol hahaha ! Lanjut dulu ah ceritanya....

Analog Tape, itu dari dulu memiliki keistimewaan yang membuat engineer jatuh cinta. Yaitu apabila ada input yang agak gedhe gainnya, maka dia bisa melakukan Compression serta otomatis mengangkat "harmonic frequency" dari input sound. Yang terjadi adalah, kalau kita merekam Snare misalnya, maka sound Snarenya itu hentakannya bisa Enak di kuping, lembut tapi mantab.. Dan suara yang dihasilkan terasa "TEBAL" - karena harmonic frequency nya naik.

Nah, apa yang di lakukan plugin ini juga mendekati cara kerja Analog Tape. Ketika Snare saya insert, kemudian saya gedhe in gain Tape Colornya, maka tahu2 dia berubah menjadi lebih TEBAL dan EMPUK. Kick juga demikian. Ketika saya gedhein gain Tape Colornya, Kick nya jadi lebih TERJAGA dan rasanya itu lebih RAPI dan SOPAN dibanding kalo pake compressor biasa. Yang lebih menggemaskan lagi, ada semacam EQ yang disediakan oleh plugin ini. Kita masih bisa ngatur, Low nya diapain, High nya diapain, termasuk milih model Low nya - (Warm, Body, Lush) ...atau Highnya - (Focus, Detail, Brilliance).

Udah ah, kasihan plugin nya dah nungguin lama hehehe. Inilah plugin yang dimaksud :


YUP...NOMAD MAGNETIC - itulah plugin yang fungsinya benar2 menjadi senjata andalan saat proses Mixing dan Mastering. Kalau mau hasil mix kita itu rasanya Analog, masukkan plugin ini di master buss, dan lakukan proses Mixing seperti biasa ( otomatis semua track bakal melewati plugin ini). Tetapi masih bisa juga, masing-masing track ditambahi plugin ini untuk kemudian di proses dengan Rasa Analog..sehingga tiap track memiliki warna suara yg Analog, tetapi secara hasil mix juga rasanya Analog...KOMPLIT DAH !!!

Buat yang penasaran gimana sih kalo mixing pake Magnetic...ini ada link lagu yang udah saya mix pake Magnetic..( ini lagu buat sample work client yang dari USA www.gearslutz.com ).

http://www.4shared.com/audio/fY-98di1/TurntUpSeX__Cahyanandra_Cahyan.html

Kapan-kapan, saya mau ceritain lebih dalam gimana cara utak utik plugin ini biar waktu mixing / mastering gak pusing dan cape2 gitu hehehehe..

SELAMAT BER MAGNETIC RIA !!!

94 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. download plugin ini di mana ya bang,,,mohon link download nya bang heehe ,,pengen niy saya ...

    ke email saya ya bang..

    mulyanagitar@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  3. Sudah di email bro... Sukses terus ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang boleh dong kirim ke saya, baskoronura@gmail.com .. butuh banget plug-in kayak gini

      Delete
    2. Bang boleh kirim ke email saya
      rajayajayeng2@gmail.com

      Delete
    3. mas permisi klo bisa minta linknya...ams_mendeng@yahoo.com ...makasih mas

      Delete
  4. sama mister, donwloadx dmn?..lagi butuh plugin bwt Tugas akhir ni.
    ayosafat@gmail.com

    matur nuwom

    ReplyDelete
  5. iya gan,,,makasih atas info nya.
    tapi blom nemu niy hhehe yang free alias gratis heheheheeh,,.ampe 3 hari ini ber teman dengan search sepupunya mbah google blom nemu nemu gan..help

    ReplyDelete
  6. Lho..bukannya sudah tak kasih websitenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang aku juga mnta linknya dong romelloarmando@gmail.com

      Delete
  7. setuju banget master, ak dah nyoba & emang maknyusss....!!!

    ReplyDelete
  8. Mantab bosss... Monggo yang lain silahkan mencoba. Siap2 ketagihan lho hehehehe

    ReplyDelete
  9. Master, boleh minta link downloadnya ? jadi ngiler pingin nyoba hhehe :D

    dera.on.fire@gmail.com

    makasih banyak master

    ReplyDelete
  10. mau donk nyobain ini plugin

    eNKamusic@gmail.com

    ReplyDelete
  11. sekian lama plugin yang di magsud saya bakar di cd data!.. WOW!.... manpaat nya baru tau skarang!.... kerennn!....

    ReplyDelete
  12. aq mau dong mas

    afiframdhan@gmail.com

    makasih mas

    ReplyDelete
  13. Mas .. boleh minta link downloadnya ?
    mo nyoba ..

    fannydkk@yahoo.com

    Thanks mas ..

    ReplyDelete
  14. mas boleh minta link downloadnya soalnya saya nyari nyari sulit banget pluginnya....

    ReplyDelete
  15. mas boleh minta link downloadnya soalnya saya nyari nyari sulit banget pluginnya....kopyluwak23@gmail.com

    ReplyDelete
  16. minta link donload nya dunk mz bro

    denikurniawandb@yahoo.com

    ReplyDelete
  17. halo om, boleh mnta linknya gak? gak dpt2 nyari yg pc . Adanya cuma yg mac. Tolong bgt ya om.

    bibinkfrbdn@yahoo.com

    ReplyDelete
  18. halo om minta link downloadnya
    makasih
    mc4hate@gmail.com

    ReplyDelete
  19. mas , saya juga dong .. kirim ke email saya ..
    sulit nih nyari nya ..
    dedyrochimat@yahoo.com

    ReplyDelete
  20. mz plissss bgt y,minta link wat donlotnya ke faizroses@ymail.com

    ReplyDelete
  21. haloo mass..minta link buat donlot nya dong .. gue pngen nyobain .. =) .. thx ya mass ..

    ReplyDelete
  22. mas gan kirim linknya via email dong sa juga maukk di rendra_bass@yahoo.com tengs yak

    ReplyDelete
  23. Gan,nuwun sewu,,,
    Minta link sedot nya,maaf telat,,hehehe.
    yonkgraffity@gmail.com
    Matur tengkyu,smga sukses selalu

    ReplyDelete
  24. mas,saya nyari kaga dapet2 mas.
    tolong di bagi ya mas via email.
    maff ngerepotin.
    sukses terus mas.berbagi ilmu nya.
    babankbtriez@yahoo.com

    ReplyDelete
  25. tutorial pengguna'anya bos br aku mkin pinter

    ReplyDelete
  26. om saya minta juga dong :D

    novalhannan@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  27. mas bagi link downloadnya mas hhehe :)
    paijo_unyoh@rocketmail.com

    ReplyDelete
  28. Malam mas... Mas bagi linknya donk. Keren tuh pluginya.... Thx mas
    bintangdansenny@ymail.com

    ReplyDelete
  29. Malam mas... Mas bagi linknya donk. Keren tuh pluginya.... Thx mas
    bintangdansenny@ymail.com

    ReplyDelete
  30. minta link downdoadnya dong gan...mkasih
    yusakadi90@gmail.com

    ReplyDelete
  31. mas gan saya mauk dong di harynharmony@yahoo.com . terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  32. kemarin ane coba nyari nich plugin, tapi gak nemu2.....,boleh dong gan bagi linknya ....,thanks sebelumnya...(soleh_blueshadow@yahoo.com)

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum.mungkin mas2nya ada yg mau berbaik hati,saya mau nyuwun linknya mas...tolong :), gagasantoso@rocketmail.com....terima kasih semuanya :)

    ReplyDelete
  34. gan, boleh minta link donlotnya ya.. sagitawindha@yahoo.com makasi banyak..banyak

    ReplyDelete
  35. gan,aku mnta linkx dong, enotunya@gmail.com ,,,makasih gann,,,pliiss

    ReplyDelete
  36. mau dooong master charlessinaga25@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  37. master linknya ya aku10cinta@yahoo.com, makasii

    ReplyDelete
  38. bang,,,ane minta jga dong link donlot nya saefulbahrie349@gmail.com makasih bnyak....

    ReplyDelete
  39. om minta dong om softwarenya
    rikitripurnomo@yahoo.co.id kirim ksini ya om minta tolong, dcari susah banget,,, itu buat window kan om :D

    ReplyDelete
  40. saya juga mau dong gan kirim ke htlwawan@gmail.com ya gan pelissss ;(

    ReplyDelete
  41. saya juga minta link nya dong, makasih sebelumnya bg_fender@yahoo.com

    ReplyDelete
  42. saya juga mau bgt gan please gan heroe_indhent@axis.blackberry.com / heroeindhent90@gmail.com

    ReplyDelete
  43. saya juga ya gan ni email saya doninurcahyo93@gmail.com???


    thanks gan

    ReplyDelete
  44. kalau berkenan kirim juga ke email saya ya mas i_m_skeptic@yahoo.com . terima kasih mas, salam :)

    ReplyDelete
  45. Minta gan heheh
    Email: Muslimfikri09@gmail.com

    ReplyDelete
  46. mohon link downloadnya gan...razredband78@gmail.com,terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  47. Ane juga pengen rasain tu gan pluginsnya, ni email ane, odikajja@gmail.com, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  48. gan ane mau donk link nya...... ane doa in biar agan tambah sukses n sehat selalu... Aamiin....


    wandys_one@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  49. Mas Bro Minta Link downloadnya Nomad Magnetic donk...please... Sample Lagu Mas Bro Mantap Tap Tap Tap... Please

    ReplyDelete
  50. Boleh tuh bang kirim kirim fahmyamg@gmail.com

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. bagi link downloadnya gan. juliarmythomas@gmail.com

    ReplyDelete
  53. minta link downloadnya dong gan please,,tertarik banget nih,nih email saya gan
    lionglate@gmail.com

    ReplyDelete
  54. master salam kenal saya newbie nih, lagi belajar2 recording mau dong link downloadnya nya fahmiazhar02@gmail.com

    ReplyDelete
  55. Saya juga mau dong link download nya

    martinalhikam@gmail.com

    ReplyDelete
  56. bang penasaran nih pengen nyoba,minta linknya ya bang
    kirim ke email saya
    raja.bintik.dr@gmail.com

    ReplyDelete
  57. bang penasaran nih pengen nyoba,minta linknya ya bang
    kirim ke email saya
    raja.bintik.dr@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Bagi link nya dong. . .

    Clueband.lampung@gmail.com

    ReplyDelete
  59. kirim link ya gan, wirasatriawan1111@gmail.com
    mkasi banyakk..

    ReplyDelete
  60. bang link downloadnya please, butuh juga nih..,, pantax84@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  61. Saya jug bang link downloadnya please, butuh juga nih..,, denissyn4@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  62. pak bagi link downloadnya dong
    hrndwlf@gmail.com

    ReplyDelete
  63. Bang aku juga mau linknya ya
    Firmansyahsidauruk88@gmail.com

    ReplyDelete
  64. Bang aku juga mau linknya ya
    Firmansyahsidauruk88@gmail.com

    ReplyDelete
  65. boleh minta link downloadnya gan? terima kasih...

    ReplyDelete
  66. Minta linknya dong bang.. Saya lagi belajar.. Kalo ilmu nya di bagiin kn dapat pahala..

    heon06@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Minta Link Downloadnya Ya bangg.... MKasihh

    rizalrap13@yahoo.com

    ReplyDelete
  68. Mas aku mau donk linknya mas minta tolong dikirim ke email ya mas : prima.arkana@gmail.com ( makasih bnyak mas )

    ReplyDelete
  69. Mas aku mau donk linknya mas minta tolong dikirim ke email ya mas : prima.arkana@gmail.com ( makasih bnyak mas )

    ReplyDelete
  70. Mas pingin link nya dong daniismailla@gmail.com

    ReplyDelete
  71. gan bagi dong softwarenya, email ke imam_ashshiddiq@yahoo.com thx sebelumnya.

    ReplyDelete
  72. Bang Aku minta link nya dong,please???
    irfanaing48@gmail.com

    ReplyDelete
  73. Mas aku minta link downloadnya juga mas kalau boleh
    yulfaatmadja@gmail.com

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. Mas aku minta link downloadnya juga mas kalau boleh ... hermanharjo94@gmail.com

    ReplyDelete
  76. bang saya minta link downlodnya bang .. kirim email saya bang danielsramdhani@gmail.com

    ReplyDelete
  77. bang saya minta link downloadnya dong bang , kirim ke email saya ya bang
    pm.ydkl0103@gmail.com

    ReplyDelete
  78. BG saya mau juga dong.. email saya .
    abankzenginer@gmail.com

    ReplyDelete
  79. aq mau dong bg. gbycynk@gmail.com

    ReplyDelete
  80. boleh minta link untuk download plug in nya

    endraaprilio@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  81. minta pluginya mas... ini email saya
    fickhonora1294@gmail.com

    ReplyDelete
  82. mas klo bisa minta linknya...email saya ams_mendeng@yahoo.com thx mas

    ReplyDelete
  83. Minta link nya dong
    alif.290105@gmail.com

    ReplyDelete
  84. Sebelumnya terima kasih gan
    Minta link download nya gan
    ardanipsht1922@gmail.com

    ReplyDelete
  85. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  86. SIlahkan Di unduh
    https://drive.google.com/file/d/1t1nHalaTU4aw-PtI0lkzHaQqTHALZsmQ/view?usp=sharing

    ReplyDelete