Sunday, July 10, 2011

AYO JADI PENJAHIT BAJU !!!!

S(mall),M(edium),L(arge),XL(Extra Large), adalah contoh jenis ukuran baju yang tujuannya adalah menyesuaikan dari ukuran tubuh seseorang. Jadi buat yg orang bertubuh kecil, silahkan memakai baju S. Orang yg punya tubuh besar ya silahkan pake XL.. atau bahkan XXL hehehe.

Nah, balik lagi deh ke urusan Mixing me Mixing. Kadang, kita sebagai Engineer terjebak dengan pola pikir "RUTINITAS", "PAKEM", dan TERSTRUKTUR. Maksudnya begini. Begitu terima data track, biasanya langsung kita import tuh WAV ke DAW, abis itu kita langsung tembak "Ah..solo kick dulu..hmm..EQ di 5kHZ buat nambah click nya, emm..tambah sedikit Air di 12k..Yup, enak kicknya..ok sekarang lanjut ke Snare, hmm..honky nya perlu di ilangin dikit, tambah compression 4:1, attack nya cepet, medium release..Wih, dapet nih soundnya.."..teruuuussss begitu, sampe kemudian ketika keseluruhan drum track sudah terproses, punch nya dapet, rock banget, powerfull..ternyata lagunya model2 lagu BALLAD yang soft, slow and smooth !! WALAH !

Selain sebagai CONDUCTOR yg bermain-main dengan PANNING, ternyata kita juga harus berpola pikir seperti PENJAHIT BAJU saat MIXING. Lha Penjahit baju itu ngapain aja sih ketika dia dapet pesenan baju dari customer? Langkah2 yang dia lakukan adalah :

1. Mengukur dulu ukuran TUBUH si customer. Waktu MIXING, ini adalah proses yg disebut dengan Pengenalan Lagu. Tujuannya adalah mengenal Lagu ini butuh ukuran yg mana? S,M atau yg mana? Semakin banyak instrument, semakin "KECIL-KECIL" ukuran instrument tersebut di posisi MIXING. Makanya di tahapan ini, PLAY aja lagunya beberapa kali, sambil mulai membaca maksud dari lagunya apa. Bruce Miller ( bamaudioschool.com - Grammy Award Engineer ) bilang, IF I CANT FIND THE SONG..I CANT MIX IT !!!!

2. Begitu semua ukuran sudah tercatat, selanjutnya adalah Membuat Pola Baju. Nah, pola Baju di sini mungkin bisa kita ibaratkan dengan GENRE. Lagu ROCK, memiliki pola Baju yang berbeda dengan Lagu BALLAD. Lagu HipHop, memiliki pola yang berbeda dengan FUNK misalnya. Tugas kita sebagai PENJAHIT adalah menentukan POLA mana yang cocok untuk lagu yang akan kita Mixing. Jangan sampai salah pola. Ya sebenernya sah2 saja sih, misalnya POLA JAS di bentuk model KAOS misalnya hehehehe. Cuman kan sudah pola JAS, ya ketika di gunting2 jadinya juga model JAS juga. WAlaupun maksudnya buat KAOS wekekekeke.

3. Memberikan sentuhan ornamen2 / aksesoris di bajunya. Nah, ketika MIXING, ornamen2 itu bisa berupa jenis Reverb, ngatur delay nya, memberikan Surprise dengan memberikan FX2 tertentu. Itupun juga tergantung dari pola nya. Kalau ROCK, jangan mikirin Reverb yg panjang-panjang, lebih ke arah yang ROOM / Ambience. Atau delay nya cocok yang itungannya 1/8 atau 1/16, model pingpong delay atau yang biasa...atau ada gak, kata yang bisa di ambil untuk kemudian di jadiin SUrprise dalam sebuah bagian lagu ??

4. Begitu Gambaran POLA dan ORNAMEN nya sudah dapet, MULAI DEH NJAHIT..kalau Engineer - MULAI DEH MIXING. Masuk akal kan?? hehehehe

Sebenernya, itulah kunci yang membedakan antara yang Profesional dengan yang Amatir. Seringkali Engineer Amatir berpikir terlalu teknis, terlalu Plugin minded, Hardware minded, jadinya lupa ama PERAN2 yang harus di mainkan ketika Mixing. Lha gimana mau tahu pake plugin yg mana, kalau POLA BAJUnya aja belum kebentuk? ukurannya gak tahu??? Masak langsung JAHIT AJA..yang penting bajunya cepet jadi hehehehehe. Makanya, kita ukur dulu, bikin polanya, kasih sentuhan ornamen, baru deh! HAJAR ABIS !

SELAMAT BER-JAHIT RIA !!!!

No comments:

Post a Comment