Wednesday, July 20, 2011

TIPS MEMILIH MIC YANG BAGUS..APAKAH SELALU MAHAL ?!?!?!

Memang, MIC yang bagus SERINGKALI mahal. Tetapi MIC yang MAHAL, belum tentu BAGUS. Hehehehe. Ya memang itu faktanya. Sebenernya, bukan masalah MAHAL / TIDAK nya. Bukan juga masalah BAGUS / TIDAK. Kalau saya sih pendekatannya kok MIC nya itu PAS gak ya buat dapetin sumber suara yang ingin kita rekam..

Dalam bukunya "Mixing with your Mind" - Paul Stavrou menjelaskan bahwa dalam memilih MIC, yang harus diperhatikan adalah kecocokan antara Mic dengan suara yang ingin di rekam. Lha kalau sudah COCOK ..itu kan berarti ukurannya sudah bukan MAHAL / TIDAK, tetapi sesuai dengan apa yg kita mau berdasarkan penilaian telinga kita.

Milih nya gimana yg paling gampang ? GAMPANG BANGET KOK !!

1. Kenali Karakter dari MIC yang mau kita pakai buat ngerekam. Caranya ?? Ya rekam aja suara kita misalnya...Terus amati hasil rekamannya.

2. Jangan cuman memakai 1 atau 2 MIC doang.. Pake banyak Mic buat perbandingan. Jadi, rekam aja suara kita dengan banyak MIC yang udah kita punya - entah itu baru beli kek, pinjem temen lah hehehehe -. Dari situ, amati perbedaan yang terjadi antar MIC satu dengan lainnya.

3. Setelah merekam dengan 4-5 Mic mungkin, kita urutkan karakternya..mulai dari yang paling halus, sampai yang paling kasar.

4. RUMUSNYA adalah : SUARA YANG KASAR = MIC YANG HALUS. SUARA YANG HALUS = MIC YANG KASAR.

Dari rumus di atas, kebayang kan hasil akhirnya ? Jadi kalau emang suara kita dasarnya kasar, ya jangan di kasih Mic yang karakternya KASAR. Bisa2 kayak orang NGAMUK gitu wekekekekek. Sebaliknya, kalau kita ngerekam suara yang dasarnya sudah halus, di pakein Mic yang halus juga...maka bisa jadi SUARA HANTU wekekekekekke...alias terlalu halussssssss

Jadi tujuannya adalah membuat agar suara nya ketemu dengan MIC yang karakternya kebalikannya.  Gitu aja kok hehehehehe. Ada lho dulu temen yang punya Mic seharga hampir 30jt. Terus buat ngerekam Vocalnya dia sendiri. Abis gitu, dia tanya ama saya.."Kok ini MIC mahal tapi MENDEM banget ya suaranya..." Setelah saya cobain, lha wong suara temen saya itu emang halus, di kasih Mic yang karakternya halus juga..MENDEM deh jadinya wekekekke.

So, INGAT ! Milih Mic yang PAS..bukan berdasarkan HARGA. Kalaupun dari HARGA..COBAIN DULU KALO BOLEH ! hehehehe.

SELAMAT BER-MIC RIA !!!!

2 comments:

  1. Mantap gan Sukses selalu hehehh :)
    Kunjungi saya gan www.skyart51.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. suara kasar itu maksutnya yang suaranya serak dan cempreng terus agak pecah gitu ya
    suara lembut yang suaranya mulus gak ada serek gak kedengeran pecah
    atau kenceng atau enggaknya suara yang keluar gan???

    ReplyDelete