Monday, May 7, 2012

MASTERING PAKE WAVES LINMB

Mastering sebenernya adalah proses yang tidak tentu dalam pemakaian pluginnya. Maksud nya begini. Ketika sebuah hasil Mixing sudah ok, maka otomatis kita sudah tidak perlu ngapa-ngapain, paling tinggal "merapikan" suaranya. Atau kadang, kita masih perlu untuk melakukan EQ terhadap hasil Mix tersebut. Atau kadang, kita cukup memperlebar hasil Mixnya, atau bahkan mempersempit hasil Mix untuk kondisi biar lebih mono Compatible.

Kali ini kita asumsikan aja hasil Mixingannya sudah ok, sehingga tugas kita tinggal merapikan hasil mix nya. Kenapa kok dibilang merapikan??? Ya karena nanti kesan yg ditimbulkan adalah suaranya lebih rapi dibandingkan sebelumnya hehehehe. Tahunya gimana kok lebih rapi?? Ya di dengerin lah wekekekeke....

Untuk merapikan hasil Mix, kita bisa menggunakan plugin yg di produksi oleh Waves, yg disebut dengan LinMB. Dia adalah software Multiband compressor, yang fungsinya adalah Compressor yg bekerja berdasarkan Frekwensi.. Jadi ketika ada frekwensi yg melewati threshold tertentu, maka otomatis compressor nya akan bekerja di frekwensi tersebut.

Nah, terus gimana nih cara pakainya???
Kalau mau utak atik..silahkan di coba sendiri hehehe. Tapi kalau saya, begitu plugin nya di loading, maka semua saya biarin seperti aslinya dulu settingannya. Abis itu, yg saya akses adalah THRSH (threshold) di bagian Master ( kalau gambar di bawah berarti yg ada panah dan lingkaran merah...).
Tombol yg ada panah itu kita turunkan, sambil kita mengawasi adanya pergerakan dari garis threshold yang ada ( garis yg warnanya orange dan ada bulat2 yg menunjukkan wilayah frekwensi). Begitu ada pergerakan, yang kita awasi adalah usahakan agar yg bergerak cukup 3 bagian wilayah frekwensi yaitu Low, LowMid, dan HIMid.

Terus ukuran nariknya sampai berapa ya??? Kalau saya, awal nya saya tarik terus ke bawah sampai 4 wilayah frekwensi aktif, kemudian pelan pelan saya kurangi sampai pergerakannya akhirnya cuman di 3 wilayah frekwensi aja. Itupun harus kita compare antara yg pake plugin dan yg tidak..alias di bypass dan on, biar kita tahu bedanya di mana.

Yang kita cari adalah sampai kita merasa bahwa hasil Mix terasa lebih rapi dibandingkan tanpa menggunakan LinMB. Dan ingat, bila terlalu banyak signal yg terkompres, otomatis "ukuran" hasil Mix nya jadi kerasa kurang "BIG"..terasa terlalu kecil dibanding tanpa LinMB. Kenapa kok bisa rapi ???
Multiband compressor adalah compressor yg aktif sesuai dengan frekwensi. Jadi, bila ada wilayah frekwensi yg melebihi dari threshold, otomatis compressor akan "aktif" dan membuat frekwensinya jadi lebih RAPI. Seolah-olah ada dinding batas yg membatasi pergerakan frekwensi nya agar tidak liar.

Sooo, tunggu apa lagi!?!?!?
SELAMAT BER LINMB RIA !!!!
 

4 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  2. parah nih banyak komen ngejunk, padahal ini blog 1 : 10000000 adanya

    ReplyDelete
  3. ini multi band compression ya gan? serupa kaya multi band compression yang di cubase kah?

    ReplyDelete