Friday, August 5, 2011

Tehnik Penempatan Mic - Untuk menghasilkan Maximum Illusion saat rekaman !!!

Sudah pernah lihat seorang Celine Dion kalo take Vocal di Studio Rekaman ??? Buat yang belum, ini ada linknya di youtube : http://www.youtube.com/watch?v=nAnYYNFH8p8. Nah, coba kita amati penempatan Mic nya, termasuk waktu dia nyanyi di bagian chorus..itu jaraknya minta ampun jauhnya deh hehehe. Sampai dia harus sejauh itu waktu menyanyi di depan Mic. Di awal-awal pun ternyata dia juga bernyanyi dengan jarak kisaran 30-50cm dari Mic. Kenapa harus begitu ???

Paul Stavrou menjelaskan, bahwa suara itu memiliki sebuah "UJUNG" jangkauan Maksimal atau di istilahkan "Tip of the flame". Jadi bila kita gambarkan, seolah-olah ada Puncak terjauh yang dihasilkan oleh sebuah suara dan itu yang harus kita tangkap saat kita merekam. Kalau terlalu jauh...maka suaranya akan terkesan LEMAH, dan kalau terlalu dekat..maka suaranya akan terkesan TERLALU KUAT. Nah, tugas kita di awal adalah selalu mendengarkan suara yang akan kita rekam, kemudian kita "LIHAT" di mana sih puncak suaranya, abis itu kita letakkan Mic di posisi puncak tersebut.

Makanya seorang Celine Dion, ketika di bagian Chorus ( amati di menit 2:10 an dari klip di atas ), dia menjauh. Tujuannya adalah agar Puncak suaranya pas ditangkep oleh Mic. Sedangkan kalau terlalu dekat, maka akan terlalu kuat hasilnya sehingga malah jadinya kurang hidup.

Ketika kita melakukan rekaman Drum pun, kuncinya sebenernya adalah "SEBERAPA JAUH" Mic tersebut kita letakkan agar dia mampu menangkap suara dengan Maksimal. Bukan sedekat mungkin. Contoh ketika kita mencari posisi untuk Overhead Mic di posisi floor tom, itu kita tempatkan sejauh mungkin dan kemudian kita denger di speaker monitor, bagaimana ilusi yang terjadi. Cari yang paling WOW !.. Overhead Mic yang berada di wilayah Hihat pun sama saja. Cari posisi terjauh yang mampu ditangkep oleh MIC, dimana posisi itu menghasilkan ILUSI WOW ketika di dengar di speaker monitor.

Ketika kemudian ke dua Overhead itu di gabung, coba kita minta tolong pemain drumnya untuk bermain biasa, abis itu kita amati di Control Room. Dengarkan ketika dia bermain Floor - Harus bener2 BIG..terus posisi suaranya itu bisa larinya ke bawah - istilahnya si Stavrou "SHAKE THE GROUND" ( mengguncang ke tanah hehehe ). Kemudian ketika pemain drum melakukan fill dengan tom2 nya keseluruhan, maka GAMBARAN DRUM nya bisa MANTEB gitu. Kalau belum, jangan segan2 mindah posisi Mic hehehehe.

Untuk merekam suara Gitar elektrik pun, ketika menggunakan cabinet..Ataur jaraknya sejauh yg bisa menimbulkan ILUSI tadi. Ada cara mudah mendeteksi puncak suara kalau kita mencari di cabinet. Caranya adalah, kita berada di depan cabinet, terus kita pelan2 mundur sampai kemudian suara Gitar nya itu seperti menyentuh tubuh kita..ada sebuah resonansi dalam tubuh kita. Itu biasanya posisi ideal untuk menempatkan sebuah Mic. Begitu sudah ketemu posisinya, jangan lupa untuk mendengarkan di Speaker Monitor.

INGAT !!!! ILUSI ITU DI DENGAR LEWAT SPEAKER MONITOR TANPA PROSES APAPUN ! Jadi apapun yang terjadi, acuannya adalah SUARA YANG TERDENGAR DI MONITOR.. Kalau di monitor terdengar BIASA, gak WAH..ya sudah, berarti cari lagi posisi sampai ketemu ilusinya. Kalau gak ketemu2 gimana ??? Boleh kok ngundang saya buat ke studionya buat main2 ke sana nyari ilusi bareng2 wekekekekeke ( plus akomodasi di tanggung yah ).

SELAMAT BER-MAXIMUM ILLUSION RIA !!!!

No comments:

Post a Comment