Thursday, July 7, 2011

RECORDING = Berangkatnya Astronot ke Bulan !!

"Five...four...three...two...one..." WOOOOOSSSSSSSSSSSSSSSS, roket dinyalakan, area di sekitar peluncuran penuh dengan pijaran api yang bergemuruh, berusaha untuk mengangkat roket yang berisi awak Astronot yang sudah berkeringat dingin menunggu saat-saat indah menuju ke Bulan, sebuah tempat baru yang menjadi misteri karena selama ini hanya bisa sekedar di lihat dari Bumi. Selama proses peluncuran, terjadi berbagai macam tahapan, roket2 pendorong mulai berjatuhan, roket pembawa Astronot terus meluncur menuju ke orbit, sampai akhirnya SEBUAH PEMANDANGAN INDAH TERBENTANG. Pemandangan BUMI yang dilihat dari ANGKASA LUAR...

KEREN !!! Itulah yang terlintas dalam benak saya sewaktu dulu lihat proses para Astronot berangkat ke Bulan dengan menggunakan Roket yang begitu hebat, besar dan heboh. Gimana gak heboh?? Lha wong seluruh dunia ikutan Spaneng seolah ikut terlibat di dalam proses peluncuran tersebut. Berpuluh-puluh tahun kemudian, ternyata saya pun terlibat juga dalam beberapa PROSES PELUNCURAN ROKET ( baca: album ) OLEH BEBERAPA ASTRONOT ( baca: Band ) yang tujuannya adalah SEBUAH PEMANDANGAN INDAH ( baca: terkenal ), yang tidak saya sadari sebelumnya..Berlebihan?!?! Mungkin... Tapi mungkin juga tidak...LET'S FIND OUT GUYS!

Dalam proses peluncuran sebuah roket yang berlangsung tidak begitu lama, NASA ternyata membutuhkan persiapan bertahun-tahun untuk membuat roket yang nantinya membawa para Astronot. Ilmuwan yang dipekerjakan jumlahnya bejibun dah.. Sampai kalau dibentuk team sepakbola gitu bisa jadi puluhan team, atau bahkan ratusan team hehehe. Pelatihan untuk Astronotnya pun gak main2. Mereka selain dilatih secara Fisik, juga Mental dan IQ agar nantinya ketika sudah berada di tujuan bisa menjalankan MISInya dengan Sukses.

Terus, kalo dibandingkan dengan Recording Process..?? SAMA SAJA!!!!. Band = Astronot. Recording , Mixing dan Mastering Engineer = ilmuwan. LABELnya adalah NASA. Dari situ, kita semua dapat gambaran kan, gimana sih aslinya proses Rekaman sebuah band??? Sekarang saya mau bahas antara Engineer dengan Band nya biar gampang.

Sebuah Band haruslah berisi orang2 yang memang sudah berniat untuk menjadi BAND, sama seperti Astronot yang memang sudah niat dari sononya jadi Astronot. Para anggota band, mau tidak mau harus memiliki keahlian baik di bidang memainkan alat musiknya, membuat Lagu, dan hal2 yang berkaitan dengan musikalitas. Ketika kemudian sampailah di proses Rekaman, BAND adalah Astronot yang percaya kepada para Engineer yang sudah mempersiapkan ROKET termasuk segala proses njelimetnya dan keruwetan yg terjadi.

Ruwetnya apa sih para Ilmuwan Recording ini?? Lhaaa...emang mikirin tehnik Miking apa gak pusing?? Belum milih Mic, milih posisi, ngatur Cabling, mikirin ngatur Ambience, Nyari warna suara yang pas, ganti Mic kalau perlu, ngatur posisi Instrument biar saling mendukung, Milih Compressor yang cocok, mempersiapkan track, bla..bla..bla.... Kebayang kan pusingnya?? Eh, ketika kita masih sibuk2nya nih jadi ilmuwan..tahu2 Astronotnya bilang.."Mas, aku kok gak biasa ya pake Mic itu..KATA TEMENKU sih enaknya Mic X mas, banyak yg pake soalnya..." DUAAARRRR !!!!. Hahahaha..DASAR NIH ASTRONOT !

Biar proses peluncuran ke bulan itu terjadi dengan selamat, alangkah baiknya Band dan Engineer memahami posisi masing-masing dan tidak saling mengganggu. Bukan berarti Band tidak boleh kasih saran ke Engineer, atau Engineer juga tugasnya cuman MELAYANI BAND karena mereka BAYAR STUDIO..Bukan itu. Tetapi lebih kepada bagaimana kolaborasi keduanya bisa saling berjalan agar proses rekaman yang terjadi adalah Maksimal. Band sendiri sudah siap dengan Materinya mungkin, secara Mental, secara penguasaan alat musik.. Nah,si Engineer sendiri juga harus mempersiapkan diri agar bisa melakukan proses Rekaman dengan BAIK DAN BENAR. Gak asal2an, pake Mic sembarangan, posisinya ngawur, atau sering kali saya lihat Engineer malah baca koran gak ngurusi bandnya ! hehehehe

Ternyata eh ternyata...SAMA AJA RUWETNYA KOK! Tetapi memang begitulah. Hanya untuk melakukan peluncuran yang gak sampai sehari, diperlukan persiapan dan proses yang bertahun-tahun dan itupun di isi dengan proses yang kadang melelahkan dan memberatkan. Tetapi, ketika kemudian proses peluncuran itu berjalan dengan lancar.. Kebayang kan? Rasanya MELIHAT BUMI DARI LUAR ANGKASA????

SELAMAT BER-ROKET RIA !!!!

2 comments:

  1. Harganya brpa ??
    minta alamt lengkapnya ....

    ReplyDelete
  2. Waduh..harga apaan nih? sama alamat apa ya? hehehe. Jadi bingung..!?!?!

    ReplyDelete